Selamat Datang di Rembang Undercover

Sabtu, 09 Januari 2016

Demi Keselamatan, Perhutani Larang Warga Memasuki Goa Kare

REMBANG- Goa Kare yang berada di Desa Pamotan, Kecamatan Pamotan, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, mendadak ramai diberbagai media  dan media sosial. Kemunculan Goa Kare ini karena banyaknya media yang memberitakan keberadaan Goa Kare yang ada di Dukuh Tajen ini sebagai obyek wisata baru setelah diadakannya susur goa oleh komunitas pecinta alam setempat.

Sebenarnya Goa Kare sudah lama ada dan bukan temua goa baru, hanya saja tidak banyak orang yang tahu keberadaan Goa Kare. Selain tidak terawatnya goa, juga pada tahun-tahun sebelumnya banyak masyarakat yang menggali batu kapur sebagai lapangan pekerjaan. Penggalian batu kapur yang berada di sekitar lokasi Goa Kare meyebabkan dinding goa menjadi rapuh dan rusak.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, pihak perhutani menyarankan agar masyarakat yang tidak  memasuki Goa Kare, karena membahayakan keselamatan. Bahkan pihak perhutani juga menempelkan plang larangan untuk tidak memasuki Goa Kare tersebut demi keselamatan bersama.

Asisten Perhutani KPH Kebonharjo, Suyanto menjelaskan soal larangan memasuki Goa Kare karena batu goa yang mudah lapuk dan bergeser. Selain itu, bongkahan batu yang ada di goa juga rawan runtuh.

Sebelumnya, pada Rabu (2/1)  diadakan sarasehan terbatas antara pencinta alam dan pihakk perhutani yang menghasilkan beberapa kesimpulan, antara lain yaitu  pertama Perhutani akan menyediakan bibit untuk ditanam di kawasan Goa Kare Pamotan. Kedua, Komunitas akan menanam bibit tanaman yang disiapkan perhutani. Ketiga, Perhutani dan komunitas pecinta alam akan sering mengadakan event tanam pohon dikawasan Goa Kare Pamotan. Dan keempat, Komunitas, Perhutani, dan masyarakat secepatnya akan menggelar sarasehan yang membahas terkait masa depan Goa Kare Pamotan.

Bagaimanapun, Goa Kare tetap menjadi surga alam yang tersembunyi, masyarakat sekitar pasti menginginkan Goa Kare tetap ada dan lestari meskipun tidak dijadikan obyek wisata yang dikomersilkan. Sebagai warga Pamotan, saya tetap mengharapkan yang terbaik untuk Goa Kare dan perbukitan kars yang ada di sekitar Goa Kare. Hidup alamku dan lestari selalu.[rbg/003]

0 komentar:

Posting Komentar