Selamat Datang di Rembang Undercover

Rabu, 20 Januari 2016

Goa Joglo, Goa Jagung, dan Goa Nganten, Sejarah yang Terpinggirkan

Goa Pasucen yang berada di Desa Pasucen Kabupaten Rembang

REMBANG- Berada dikawasan perbukitan, sebagian daerah di Kabupatern Rembang menyimpan obyek wisata alam yang belum terekspos masyarakat luas, seperti Goa Kare yang ada di Desa Pamotan. Satu lagi Goa yang cantik dan menarik yang berada di Desa Pasucen, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang, Goa Joglo, Goa Jagung dan Goa Nganten.

Masyarakat sekitar mengenal goa tersebut sebagai tempat bertempurnya Sunan Bonang dengan Blancak Ngilo. Blancak Ngilo yang kalah akhirnya bersembunyi di Desa Pasucen. Dan Sunan Bonang yang waktu itu mengejarnya tidak bisa menemukannya meski sudah bertanya pada warga sekitar.

Bukti dan peninggalan sejarah itu masih tersimpan di dalam goa, yaitu dalam bentu arca sepasang pengantin. Yang konon ceritanya arca pengantin ini adalah kutukan Sunan Bonang yang marah kepada warga yang sedang melakukan resepsi pernikahan karena tidak ada yang bisa menjawab pertanyaan Sunan terkait keberadaan Blancak Ngilo.

Namun, karena tidak terawatnya peninggalan sejarah tersebut, kondisi arca sangat memperihatinkan. Pemerintah setempat harusnya bisa mencari alternative agar peninggalan sejarah tersebut bisa tetap terawatt  dan lokasi goa bisa menjadi wisata bagi masyarakat luas.

0 komentar:

Posting Komentar